BAB IV
ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
Hasil Penelitian Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul
1. Perhatian siswa dalam PBM di Madra sah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara
Tahun Pelajaran 2011/2012
Setelah peneliti observasi di Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan, kemudian peneliti interview dengan dewan guru khususnya guru PAI dan memberikan angket
pada siswa, yang hasilnya kemudian peneliti masukkan dalam tabel 2 berikut ini[1] :
TABEL . 2
Nilai Scor Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
|
RESPONDEN
|
JAWABAN
|
NILAI
|
JML
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
|
1
|
Ratna
Aulia
|
24
|
4
|
1
|
1
|
96
|
12
|
2
|
1
|
111
|
|
2
|
Reynaldi
|
5
|
10
|
10
|
5
|
20
|
30
|
20
|
5
|
75
|
|
3
|
Astri
Nila S
|
22
|
5
|
2
|
1
|
88
|
15
|
4
|
1
|
108
|
|
4
|
Mafazatil
A'la
|
24
|
1
|
1
|
4
|
96
|
3
|
2
|
4
|
105
|
|
5
|
Ahmad
Anas
|
11
|
5
|
7
|
7
|
44
|
15
|
14
|
7
|
80
|
|
6
|
Rizky
Adhi F
|
9
|
9
|
6
|
6
|
36
|
27
|
12
|
6
|
81
|
|
7
|
Nila
Faiqoh H
|
22
|
5
|
1
|
2
|
88
|
15
|
2
|
2
|
107
|
|
13
|
M.
Yusuf I
|
7
|
17
|
4
|
2
|
28
|
51
|
8
|
2
|
89
|
|
9
|
Dewi
Sahila
|
10
|
|
3
|
3
|
40
|
42
|
6
|
3
|
91
|
|
10
|
Yulia
Roudlotul W
|
12
|
10
|
7
|
1
|
48
|
30
|
14
|
1
|
93
|
|
11
|
Suci
Rohmiyati
|
13
|
2
|
2
|
13
|
52
|
6
|
4
|
13
|
75
|
|
12
|
Abdullah
|
12
|
10
|
7
|
1
|
48
|
30
|
14
|
1
|
93
|
|
13
|
Yoga
Maulana
|
13
|
10
|
5
|
2
|
52
|
30
|
10
|
2
|
94
|
|
14
|
Rozin
Choyy
|
15
|
8
|
5
|
2
|
60
|
24
|
10
|
2
|
96
|
|
15
|
Dela
Nur sariroh
|
13
|
13
|
3
|
1
|
52
|
39
|
6
|
1
|
98
|
|
16
|
Winda
Hamidah
|
19
|
5
|
4
|
2
|
76
|
15
|
8
|
2
|
101
|
|
17
|
Vivi
Hidayatul U
|
15
|
10
|
3
|
2
|
60
|
30
|
6
|
2
|
98
|
|
18
|
M.
Rizqi A
|
1
|
18
|
10
|
1
|
4
|
54
|
20
|
1
|
79
|
|
19
|
M.
Yafi Muwaffaq
|
13
|
14
|
2
|
1
|
52
|
42
|
4
|
1
|
99
|
|
20
|
Amalia
Risti A
|
18
|
7
|
3
|
2
|
72
|
21
|
6
|
2
|
101
|
|
21
|
Laila
Angraini S
|
19
|
3
|
5
|
3
|
76
|
9
|
10
|
3
|
98
|
|
22
|
A.
Agus Riyadi
|
16
|
10
|
3
|
1
|
64
|
30
|
6
|
1
|
101
|
|
23
|
Indah
Octavia
|
19
|
10
|
1
|
0
|
76
|
30
|
2
|
0
|
108
|
|
24
|
Dewi
Safitri
|
19
|
7
|
1
|
3
|
76
|
21
|
2
|
3
|
102
|
|
25
|
Wafiyu
Lahdi
|
17
|
10
|
1
|
2
|
68
|
30
|
2
|
2
|
102
|
|
26
|
Alia
Rizki A
|
6
|
12
|
7
|
5
|
24
|
36
|
14
|
5
|
79
|
|
27
|
Ahmad
Adytia
|
17
|
11
|
1
|
1
|
68
|
33
|
2
|
1
|
104
|
|
28
|
Nurul
Muna H
|
20
|
5
|
5
|
0
|
80
|
15
|
10
|
0
|
105
|
|
29
|
Della
anggi S
|
24
|
4
|
1
|
1
|
96
|
12
|
2
|
1
|
111
|
|
30
|
Nurmia
Syahraeni
|
21
|
5
|
2
|
2
|
84
|
15
|
4
|
2
|
105
|
|
31
|
fatimatul
Jannah
|
20
|
7
|
2
|
1
|
80
|
21
|
4
|
1
|
106
|
|
32
|
Analisa
|
12
|
4
|
3
|
11
|
48
|
12
|
6
|
11
|
77
|
|
33
|
Khoirun
nIsa'
|
21
|
7
|
1
|
1
|
84
|
21
|
2
|
1
|
108
|
|
34
|
Ade
eka Setiawan
|
14
|
11
|
4
|
1
|
56
|
33
|
8
|
1
|
98
|
|
35
|
Lina
Handayani
|
18
|
8
|
1
|
3
|
72
|
24
|
2
|
3
|
101
|
|
36
|
Rissa
fatnawati
|
23
|
4
|
1
|
2
|
92
|
12
|
2
|
2
|
108
|
|
37
|
Alfi
Khoirun N
|
13
|
8
|
8
|
1
|
52
|
24
|
16
|
1
|
93
|
|
38
|
Anindya
putri
|
24
|
2
|
2
|
1
|
96
|
6
|
4
|
1
|
107
|
|
39
|
Dwi
Novi Irawan
|
8
|
15
|
5
|
2
|
32
|
45
|
10
|
2
|
89
|
|
40
|
Sevia
Amellia
|
22
|
3
|
1
|
4
|
88
|
9
|
2
|
4
|
103
|
2.
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
Setelah peneliti observasi di Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, kemudian peneliti interview dengan
dewan guru khususnya guru PAI ( guru
Mapel Fiqih) meminta data nilai prestasi
siswa, yang hasilnya kemudian peneliti masukkan dalam tabel 3 berikut ini[2] :
TABEL .3
Nilai Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
No
|
Nama
|
Nilai Prestasi Belajar Mapel Fiqih
|
Nilai
Bulat
|
|||
Harian
|
Tugas
|
Mid.Smter
|
Smestr
|
|||
1
|
Ratna
aulia
|
97
|
97
|
94
|
96
|
96
|
2
|
Reynaldi
|
69
|
68
|
70
|
69
|
69
|
3
|
Astri
Nila S
|
95
|
97
|
93
|
95
|
95
|
4
|
Mafazatil
A'la
|
90
|
90
|
90
|
90
|
90
|
5
|
Ahmad
Anas
|
76
|
73
|
70
|
73
|
73
|
6
|
Rizky
Adhi F
|
76
|
73
|
70
|
73
|
73
|
7
|
Nila
faiqoh H
|
95
|
90
|
97
|
94
|
94
|
8
|
M.
Yusuf I
|
90
|
90
|
80
|
90
|
88
|
9
|
Dewi
Sahila
|
80
|
75
|
70
|
75
|
75
|
10
|
Yulia
Roudlotul W
|
80
|
78
|
70
|
76
|
76
|
11
|
Suci
Rohmiyati
|
70
|
69
|
68
|
69
|
69
|
12
|
Abdullah
|
77
|
74
|
80
|
77
|
77
|
13
|
Yoga
Maulana
|
81
|
80
|
70
|
77
|
77
|
14
|
Rozin
Choyy
|
78
|
80
|
76
|
78
|
78
|
15
|
Dela
Nur sariroh
|
83
|
86
|
80
|
83
|
83
|
16
|
Winda
Hamidah
|
87
|
85
|
89
|
87
|
87
|
17
|
Vivi
Hidayatul U
|
85
|
84
|
80
|
83
|
83
|
18
|
M.
Rizqi A
|
73
|
76
|
70
|
73
|
73
|
19
|
M.
Yafi Muwaffaq
|
90
|
88
|
80
|
86
|
86
|
20
|
Amalia
Risti A
|
86
|
87
|
85
|
86
|
86
|
21
|
Laila
Angraini S
|
84
|
85
|
80
|
83
|
83
|
22
|
A.
Agus Riyadi
|
90
|
90
|
87
|
80
|
87
|
23
|
Indah
Octavia
|
95
|
96
|
94
|
95
|
95
|
24
|
Dewi
Safitri
|
89
|
87
|
85
|
87
|
87
|
25
|
Wafiyu
Lahdi
|
91
|
90
|
80
|
87
|
87
|
26
|
Alia
Rizki A
|
90
|
90
|
90
|
90
|
90
|
27
|
Ahmad
Adytia
|
90
|
90
|
90
|
90
|
90
|
28
|
Nurul
Muna H
|
73
|
76
|
70
|
73
|
73
|
29
|
Della
anggi S
|
95
|
95
|
95
|
95
|
95
|
30
|
Nurmia
Syahraeni
|
93
|
90
|
87
|
90
|
90
|
31
|
Fatimatul
Jannah
|
90
|
90
|
90
|
90
|
90
|
32
|
Analisa
|
70
|
79
|
70
|
73
|
73
|
33
|
Khoirun
nIsa'
|
96
|
97
|
92
|
95
|
95
|
34
|
Ade
eka Setiawan
|
90
|
90
|
90
|
70
|
85
|
35
|
Lina
Handayani
|
90
|
90
|
87
|
80
|
87
|
36
|
Rissa
fatnawati
|
97
|
95
|
93
|
95
|
95
|
37
|
Alfi
Khoirun N
|
77
|
74
|
80
|
77
|
77
|
38
|
Anindya
putri
|
90
|
96
|
90
|
92
|
92
|
39
|
Dwi
Novi Irawan
|
73
|
73
|
73
|
73
|
73
|
40
|
Sevia
Amellia
|
80
|
70
|
75
|
75
|
75
|
Setelah data terkumpul serta adanya teori yang mendukung,
maka langkah selanjutnya adalah membuktikan ada atau tidaknya pengaruh yang positif Perhatian siswa
dalam PBM dengan prestasi belajar mata pelajara Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara
Tahun Pelajaran 2011/2012, melalui analisis
data Menggunakan analisis data, karena data yang bersumber dari data teoritik
tersebut belum cukup atau belum mampu membuktikan sendiri kebenaran teori atau
kebenaran hipotesis yang telah peneliti ajukan dalam bab II.
B.
Pengujian Hipotesis
Dalam bab ini akan dideskripsikan tentang Pengaruh Perhatian siswa terhadap PBM Terhadap
Prestasi Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun
Pelajaran 2011/2012, melalui data yang diperoleh dari responden
melalui daftar angket. Setelah diketahui data-data tersebut dihitung untuk
mengetahui tingkat hubungan masing-masing variabel dalam penelitian ini. Adapun
langkahnya adalah sebagai berikut:
1.
Tingkat Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah
Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
Untuk
mengetahui Perhatian siswa terhadap PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan
Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, data yang terkumpul
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam distribusi frekwensi untuk dihitung nilai
rata-rata kelas (mean) yang akan dijelaskan dalam tabel 4 berikut ini:
TABEL .4
Nilai rata-rata perhatian dalam proses belajar mengajar
Di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun
Pelajaran 2011/2012
NO
|
X
|
F
|
FX
|
1
|
75
|
2
|
150
|
2
|
77
|
1
|
77
|
3
|
79
|
2
|
158
|
4
|
80
|
1
|
80
|
5
|
81
|
1
|
81
|
6
|
89
|
2
|
178
|
7
|
91
|
1
|
91
|
8
|
93
|
3
|
279
|
9
|
94
|
1
|
94
|
10
|
96
|
1
|
96
|
11
|
98
|
4
|
392
|
12
|
99
|
1
|
99
|
13
|
101
|
4
|
404
|
14
|
102
|
2
|
204
|
15
|
103
|
1
|
103
|
16
|
104
|
1
|
104
|
17
|
105
|
3
|
315
|
18
|
106
|
1
|
106
|
19
|
107
|
2
|
214
|
20
|
108
|
4
|
432
|
21
|
111
|
2
|
222
|
Jumlah
|
40
|
3879
|
Untuk mengetahui nilai rata-rata, maka dapat dihitung
dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Jadi nilai rata-rata untuk variabel X atau Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah
Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012,
adalah 96,97
. Selanjutnya adalah menentukan
nilai yang diperoleh dari hasil rata-rata kedalam 4 kategori dengan menggunakan
rumus interval nilai. Adapaun cara menentukan interval nilai tersebut kemungkinan nilai maksimal
dikurangi nilai minimal kemudian dibagi 4. Dengan melihat penskoran-penskoran
pada angket, maka kemungkinan nilai maksimal adalah 120 dan kemungkinan nilai
minimal adalah 30, maka intervalnya adalah:
R = H - L
R = 120 - 30
R = 90
Berdasarkan hasil tersebut untuk menentukan kualitas
nilai dari Perhatian siswa
dalam PBMdi Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara
di tentukan sebagai berikut:
a. Nilai yang berada di antara 120-97,5 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah baik atau sangat berpengaruh.
b. Nilai yang berada di antara 97,5-75 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah cukup baik atau cukup berpengaruh.
c. Nilai yang berada di antara 75-52,5 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah kurang baik atau kurang berpengaruh.
d. Nilai yang berada di antara 52,5-30 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah tidak baik.
Setelah menentukan
nilai rata-rata dan kuantitas nilai, maka dapat dikategorikan bahwa Perhatian siswa dalam PBMdi Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun
Pelajaran 2011/2012 dapat dikatakan cukup baik yaitu: 96,97.
2. Tingkat Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan
Jepara
Tahun Pelajaran 2011/2012.
Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar mata
pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun
Pelajaran 2011/2012, maka peneliti akan interview dengan dewan
guru di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan khususnya guru
Mapel Fiqih dan meminta daftar nilai prestasi belajar mata pelajaran Fiqih untuk
kemudian dimasukkan kedalam tabel distribusi frekwensi untuk dihitung nilai
rata-rata kelas (mean) dari 40
responden atau siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
TABEL .5
Nilai Rata-Rata Prestasi Belajar
Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah
Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
|
Y
|
F
|
FY
|
1
|
96
|
2
|
138
|
2
|
73
|
6
|
438
|
3
|
75
|
2
|
150
|
4
|
76
|
1
|
76
|
5
|
77
|
3
|
231
|
6
|
78
|
1
|
78
|
7
|
83
|
3
|
249
|
8
|
85
|
1
|
85
|
9
|
86
|
2
|
172
|
10
|
87
|
5
|
435
|
11
|
88
|
1
|
88
|
12
|
90
|
5
|
450
|
13
|
92
|
1
|
92
|
14
|
94
|
1
|
94
|
15
|
95
|
5
|
475
|
16
|
96
|
1
|
96
|
Jumlah
|
40
|
3347
|
Jadi nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah baik,
yaitu 83,67 dengan interval nilai sebagai berikut:
TABEL. 6
Nilai Kualitas Prestasi Belajar Fiqih
No.
|
Klasifikasi
|
Simbol
|
Nilai kualitatif
|
1
2
3
4
5
|
91-100
75-90
60-74
40-59,9
< 40
|
A
B
C
D
E
|
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang
|
Langkah
selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan memasukkan data, yaitu data yang telah masuk
dan terkumpul dari nilai-nilai variabel perhatian siswa pada PBM dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di
Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, yang masuk
dan kemudian diolah dengan mengggunakan rumus Corelasi Product Moment dengan langkah analisis statistik dengan
melakukan perhitungan pada masing-masing variabel kedalam tabel kerja sebagai berikut:
TABEL. 7
Nilai-Nilai Variabel Pengaruh Antara Perhatian Siswa dalam Proses Belajar
Mengajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
1
|
111
|
96
|
12321
|
9216
|
10656
|
2
|
75
|
69
|
5625
|
4761
|
5175
|
3
|
108
|
95
|
11664
|
9025
|
10260
|
4
|
105
|
90
|
11025
|
8100
|
9450
|
5
|
80
|
73
|
6400
|
5329
|
5840
|
6
|
81
|
73
|
6561
|
5329
|
5913
|
7
|
107
|
94
|
11449
|
8836
|
10058
|
8
|
89
|
88
|
7921
|
7744
|
7832
|
9
|
91
|
75
|
8281
|
5625
|
6825
|
10
|
93
|
76
|
8649
|
5776
|
7068
|
11
|
75
|
69
|
5625
|
4761
|
5175
|
12
|
93
|
77
|
8649
|
5929
|
7161
|
13
|
94
|
77
|
8836
|
5929
|
7238
|
14
|
96
|
78
|
9216
|
6084
|
7488
|
15
|
98
|
83
|
9604
|
6889
|
8134
|
16
|
101
|
87
|
10201
|
7569
|
8787
|
17
|
98
|
83
|
9604
|
6889
|
8134
|
18
|
79
|
73
|
6241
|
5329
|
5767
|
19
|
99
|
86
|
9801
|
7396
|
8514
|
20
|
101
|
86
|
10201
|
7396
|
8686
|
21
|
98
|
83
|
9604
|
6889
|
8134
|
22
|
101
|
87
|
10201
|
7569
|
8787
|
23
|
108
|
95
|
11664
|
9025
|
10260
|
24
|
102
|
87
|
10404
|
7569
|
8874
|
25
|
102
|
87
|
10404
|
7569
|
8874
|
26
|
79
|
90
|
6241
|
8100
|
7110
|
27
|
104
|
90
|
10816
|
8100
|
9360
|
28
|
105
|
73
|
11025
|
5329
|
7665
|
29
|
111
|
95
|
12321
|
9025
|
10545
|
30
|
105
|
90
|
11025
|
8100
|
9450
|
31
|
106
|
90
|
11236
|
8100
|
9540
|
32
|
77
|
73
|
5929
|
5329
|
5621
|
33
|
108
|
95
|
11664
|
9025
|
10260
|
34
|
98
|
85
|
9604
|
7225
|
8330
|
35
|
101
|
87
|
10201
|
7569
|
8787
|
36
|
108
|
95
|
11664
|
9025
|
10260
|
37
|
93
|
77
|
8649
|
5929
|
7161
|
38
|
107
|
92
|
11449
|
8464
|
9844
|
39
|
89
|
73
|
7921
|
5329
|
6497
|
40
|
103
|
75
|
10609
|
5625
|
7725
|
Jml
|
3879
|
3347
|
380505
|
282807
|
327245
|
X :
3879 Y : 3347
X2 : 380505 Y2 :
282807
N :
40 XY : 327245
C.
Pembahasan Hasil Penelitian
Setelah dilakukan perhitungan, langkah selanjutnya adalah
pengujian ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara Perhatian siswa dalam
PBM dengan prestasi belajar Fiqih siswa di
Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam
analisis ini terdapat beberapa tahap, yaitu:
1.
Analisis Koefisien Pengaruh
Menurut Drs. Anas Sudjiono dalam buku Statistik Jilid II disebutkan
sebagai berikut:
Jika ro sama dengan atau lebih besar dari pada
rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) disetujui atau diterima atau
terbukti ada kebenarannya. Berarti memang antara Variabel X dan Variabel Y
terdapat pengaruh positif atau pengaruh negatif yang signifikan. Sebaliknya
hipotesis nihil (Ho) tidak dapat
disetujui atau tidak dapat diterima atau tidak terbukti kebenaranya. Ini
berarti bahwa hipotesa nihil menyatakan tidak adanya pengaruh antara variabel X
dan Y itu salah.[3]
Setelah memperoleh hasil ro dengan nilai 0,773
maka langkah selanjutnya adalah membandingkan untuk menguji hipotesis tersebut, maka langkah selanjutnya
adalah mengkonsultasikan atau membandingkan antara nilai dan koefesien pengaruh
(rxy) dengan nilai r dalam tabel (r tabel) pada taraf signifikan 5%
maupun 1%. Adapun untuk mengetahui apakah nilai rxy tersebut signifikan atau tidak adalah dengan
menunjukkan atau menguji taraf signifikan r tabel 5% maupun 1%, dengan operasional sebagai
berikut
a) Pengaruh Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di Madrasah
Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, pada taraf signifikan 5% diperoleh:
r
observasi = 0,773
r
tabel = 0,32
maka r o > rtabel berarti
signifikan.
Dengan
demikian ro (observasi) lebih
besar dari pada rtabe (r
dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan atau ada pengaruh positif.
b) Pengaruh Perhatian siswa dalam PBM dengan
prestasi belajar Fiqih siswa di Madrasah
Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2010/201, pada taraf
signifikan 1% diperoleh:
r
observasi = 0,773
r
tabel = 0,42
maka ro > rtabel berarti
signifikan.
Dengan demikian ro (observasi)
lebih besar dari pada rtabel (r dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan
atau ada pengaruh positif.
Dari kedua pengujian hipotesis
dengan taraf signifikansi 5% dan 1%,
maka hasil yang diperoleh adalah rxy (hasil penelitian) lebih besar
hasilnya dari pada r dalam tabel. Jadi hipotesis yang telah diajukan dalam bab
II hasilnya adalah signifikan atau hipotesis diterima dan terbukti kebenaranya.
Hal ini berarti bahwa semakin tinggi perhatian siswa dalam Proses belajar
mengajar, maka akan semakin meningkat prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
Begitu pula sebaliknya, semakin menurun tinggi perhatian siswa dalam Proses
belajar mengajar, maka semakin menurun prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul
Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
Mengenai
sifat suatu hubungan atau pengaruh dari kedua variabel tersebut diatas, dapat
dilihat pada tabel penafsiran akan besarnya koefisien pengaruh yang umum
digunakan adalah:
TABEL. 8
Interpretasi Koefisien Pengaruh Nilai r
No.
|
Jarak
Interval
|
Tingkat
Hubungan
|
1
|
0,00
– 0,199
|
Antara variabel X dan Y terdapat pengaruh tapi sangat rendah sekali
atau lemah (di anggap ada pengaruh)
|
2
|
0,20 – 0,399
|
Antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang rendah atau lemah
|
3
|
0,40 – 0,599
|
Antara
variabel X dan Y terdapat pengaruh yang
sedang atau cukup
|
4
|
0,60 – 0,799
|
Antara
variabel X dan Y terdapat pengaruh
yang kuat atau tinggi
|
5
|
0,80 – 1,00
|
Antara
variabel X dan Y terdapat pengaruh yang sangat tinggi
|
Dari kriteria
tersebut, maka koefisien pengaruh sebesar 0,773 termasuk dalam kategori pengaruh
sedang atau cukup. Artinya Perhatian siswa dalam PBM
berpengaruh sedang atau cukup terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di
Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dan
akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara variabel X terhadap Y, atau dengan kata lain ada pengaruh
yang positif antara Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di
Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, sehingga hipotesis alternatif di terima (Ha) dan
hipotesis nihil (Ho) di tolak.
[1] Dokumen
Dari Hasil Angket Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, Tgl. 8 Januari 2012
[2] Dokumen
Dari Leger Nilai Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, tgl
10 Oktober 2012
[3] Anas Sudjiono, Pengantar Statistik
pendidikan, (Jakarta:PT. Grafindo Persada, 1995), hlm 182.
[4] Riduwan, Belajar Mudah Penelitian,
(Bandung: Alfabeta, 2005), hlm. 138
Tidak ada komentar:
Posting Komentar