div align="left" style="text-align: center; width: 250px;">
images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com Percakapan Obrolan Berakhir

Rabu, 23 Januari 2013


BAB IV
BAB IV 
ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data Hasil Penelitian Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul

1.    Perhatian siswa dalam PBM di Madra sah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
Setelah peneliti observasi di  Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan, kemudian peneliti interview dengan dewan guru     khususnya guru PAI dan memberikan angket pada siswa, yang hasilnya kemudian peneliti masukkan dalam tabel 2  berikut ini[1] :
TABEL . 2
Nilai Scor Perhatian siswa dalam PBM di  Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
RESPONDEN
JAWABAN
NILAI
JML
A
B
C
D
A
B
C
D
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1
Ratna Aulia
24
4
1
1
96
12
2
1
111
2
Reynaldi
5
10
10
5
20
30
20
5
75
3
Astri Nila S
22
5
2
1
88
15
4
1
108
4
Mafazatil A'la
24
1
1
4
96
3
2
4
105
5
Ahmad Anas
11
5
7
7
44
15
14
7
80
6
Rizky Adhi F
9
9
6
6
36
27
12
6
81
7
Nila Faiqoh H
22
5
1
2
88
15
2
2
107
13
M. Yusuf  I
7
17
4
2
28
51
8
2
89
9
Dewi Sahila
10

55
14
3
3
40
42
6
3
91
10
Yulia Roudlotul W
12
10
7
1
48
30
14
1
93
11
Suci Rohmiyati
13
2
2
13
52
6
4
13
75
12
Abdullah
12
10
7
1
48
30
14
1
93
13
Yoga Maulana
13
10
5
2
52
30
10
2
94
14
Rozin Choyy
15
8
5
2
60
24
10
2
96
15
Dela Nur sariroh
13
13
3
1
52
39
6
1
98
16
Winda Hamidah
19
5
4
2
76
15
8
2
101
17
Vivi Hidayatul U
15
10
3
2
60
30
6
2
98
18
M. Rizqi A
1
18
10
1
4
54
20
1
79
19
M. Yafi Muwaffaq
13
14
2
1
52
42
4
1
99
20
Amalia Risti A
18
7
3
2
72
21
6
2
101
21
Laila Angraini S
19
3
5
3
76
9
10
3
98
22
A. Agus Riyadi
16
10
3
1
64
30
6
1
101
23
Indah Octavia
19
10
1
0
76
30
2
0
108
24
Dewi Safitri
19
7
1
3
76
21
2
3
102
25
Wafiyu Lahdi
17
10
1
2
68
30
2
2
102
26
Alia Rizki A
6
12
7
5
24
36
14
5
79
27
Ahmad Adytia
17
11
1
1
68
33
2
1
104
28
Nurul Muna H
20
5
5
0
80
15
10
0
105
29
Della anggi S
24
4
1
1
96
12
2
1
111
30
Nurmia Syahraeni
21
5
2
2
84
15
4
2
105
31
fatimatul Jannah
20
7
2
1
80
21
4
1
106
32
Analisa
12
4
3
11
48
12
6
11
77
33
Khoirun nIsa'
21
7
1
1
84
21
2
1
108
34
Ade eka Setiawan
14
11
4
1
56
33
8
1
98
35
Lina Handayani
18
8
1
3
72
24
2
3
101
36
Rissa fatnawati
23
4
1
2
92
12
2
2
108
37
Alfi Khoirun N
13
8
8
1
52
24
16
1
93
38
Anindya putri
24
2
2
1
96
6
4
1
107
39
Dwi Novi Irawan
8
15
5
2
32
45
10
2
89
40
Sevia Amellia
22
3
1
4
88
9
2
4
103

2.      Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
Setelah peneliti observasi di  Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, kemudian peneliti interview dengan dewan guru     khususnya guru PAI ( guru Mapel Fiqih)  meminta data nilai prestasi siswa, yang hasilnya kemudian peneliti masukkan dalam tabel 3 berikut ini[2] :
TABEL .3
Nilai Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
No
Nama
Nilai Prestasi Belajar Mapel Fiqih
Nilai Bulat
Harian
Tugas
Mid.Smter
Smestr
1
Ratna aulia
97
97
94
96
96
2
Reynaldi
69
68
70
69
69
3
Astri Nila S
95
97
93
95
95
4
Mafazatil A'la
90
90
90
90
90
5
Ahmad Anas
76
73
70
73
73
6
Rizky Adhi F
76
73
70
73
73
7
Nila faiqoh H
95
90
97
94
94
8
M. Yusuf I
90
90
80
90
88
9
Dewi Sahila
80
75
70
75
75
10
Yulia Roudlotul W
80
78
70
76
76
11
Suci Rohmiyati
70
69
68
69
69
12
Abdullah
77
74
80
77
77
13
Yoga Maulana
81
80
70
77
77
14
Rozin Choyy
78
80
76
78
78
15
Dela Nur sariroh
83
86
80
83
83
16
Winda Hamidah
87
85
89
87
87
17
Vivi Hidayatul U
85
84
80
83
83
18
M. Rizqi A
73
76
70
73
73
19
M. Yafi Muwaffaq
90
88
80
86
86
20
Amalia Risti A
86
87
85
86
86
21
Laila Angraini S
84
85
80
83
83
22
A. Agus Riyadi
90
90
87
80
87
23
Indah Octavia
95
96
94
95
95
24
Dewi Safitri
89
87
85
87
87
25
Wafiyu Lahdi
91
90
80
87
87
26
Alia Rizki A
90
90
90
90
90
27
Ahmad Adytia
90
90
90
90
90
28
Nurul Muna H
73
76
70
73
73
29
Della anggi S
95
95
95
95
95
30
Nurmia Syahraeni
93
90
87
90
90
31
Fatimatul Jannah
90
90
90
90
90
32
Analisa
70
79
70
73
73
33
Khoirun nIsa'
96
97
92
95
95
34
Ade eka Setiawan
90
90
90
70
85
35
Lina Handayani
90
90
87
80
87
36
Rissa fatnawati
97
95
93
95
95
37
Alfi Khoirun N
77
74
80
77
77
38
Anindya putri
90
96
90
92
92
39
Dwi Novi Irawan
73
73
73
73
73
40
Sevia Amellia
80
70
75
75
75

Setelah data terkumpul serta adanya teori yang mendukung, maka langkah selanjutnya adalah membuktikan ada atau tidaknya pengaruh yang positif Perhatian siswa dalam PBM  dengan  prestasi belajar  mata pelajara Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, melalui analisis data Menggunakan analisis data, karena data yang bersumber dari data teoritik tersebut belum cukup atau belum mampu membuktikan sendiri kebenaran teori atau kebenaran hipotesis yang telah peneliti ajukan dalam bab II.
B.  Pengujian Hipotesis
Dalam bab ini akan dideskripsikan tentang Pengaruh Perhatian siswa terhadap PBM  Terhadap  Prestasi Mata Pelajaran Fiqih Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, melalui data yang diperoleh dari responden melalui daftar angket. Setelah diketahui data-data tersebut dihitung untuk mengetahui tingkat hubungan masing-masing variabel dalam penelitian ini. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
1.    Tingkat Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
                        Untuk mengetahui Perhatian siswa terhadap PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, data yang terkumpul tersebut kemudian dimasukkan ke dalam distribusi frekwensi untuk dihitung nilai rata-rata kelas (mean) yang akan dijelaskan dalam tabel 4  berikut ini:
TABEL .4
Nilai rata-rata perhatian dalam proses belajar mengajar
Di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
X
F
FX
1
75
2
150
2
77
1
77
3
79
2
158
4
80
1
80
5
81
1
81
6
89
2
178
7
91
1
91
8
93
3
279
9
94
1
94
10
96
1
96
11
98
4
392
12
99
1
99
13
101
4
404
14
102
2
204
15
103
1
103
16
104
1
104
17
105
3
315
18
106
1
106
19
107
2
214
20
108
4
432
21
111
2
222
Jumlah
40
3879

Untuk mengetahui nilai rata-rata, maka dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Jadi nilai rata-rata untuk variabel X atau Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, adalah 96,97 . Selanjutnya adalah menentukan nilai yang diperoleh dari hasil rata-rata kedalam 4 kategori dengan menggunakan rumus interval nilai. Adapaun cara menentukan interval nilai tersebut kemungkinan nilai maksimal dikurangi nilai minimal kemudian dibagi 4. Dengan melihat penskoran-penskoran pada angket, maka kemungkinan nilai maksimal adalah 120 dan kemungkinan nilai minimal adalah 30, maka intervalnya adalah:

R =  H - L
      R = 120 - 30
      R = 90
       = = 22, 5  Jadi intervalnya adalah : 22,5
Berdasarkan hasil tersebut untuk menentukan kualitas nilai dari Perhatian siswa dalam PBMdi Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara di tentukan sebagai berikut:
a.    Nilai yang berada di antara 120­­­­­-97,5 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah baik atau sangat berpengaruh.
b.    Nilai yang berada di antara 97,5-­75 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah cukup baik atau cukup berpengaruh.
c.    Nilai yang berada di antara 75-­­­52,5 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah kurang baik atau kurang berpengaruh.
d.   Nilai yang berada di antara 52,5-­­­30 dinyatakan bahwa Perhatian siswa dalam PBM di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan adalah tidak baik.
 Setelah menentukan nilai rata-rata dan kuantitas nilai, maka dapat dikategorikan bahwa Perhatian siswa dalam PBMdi Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat dikatakan cukup baik yaitu: 96,97.
2.    Tingkat Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, maka peneliti akan interview dengan dewan guru di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan khususnya guru Mapel Fiqih dan meminta daftar nilai prestasi belajar mata pelajaran Fiqih untuk kemudian dimasukkan kedalam tabel distribusi frekwensi untuk dihitung nilai rata-rata kelas (mean) dari 40  responden atau siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
TABEL .5
Nilai Rata-Rata Prestasi Belajar
Mata Pelajaran Fiqih Siswa  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

NO
Y
F
FY
1
96
2
138
2
73
6
438
3
75
2
150
4
76
1
76
5
77
3
231
6
78
1
78
7
83
3
249
8
85
1
85
9
86
2
172
10
87
5
435
11
88
1
88
12
90
5
450
13
92
1
92
14
94
1
94
15
95
5
475
16
96
1
96
Jumlah
40
3347
Jadi nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah baik, yaitu 83,67 dengan interval nilai sebagai berikut:
TABEL. 6
Nilai Kualitas Prestasi Belajar Fiqih
No.
Klasifikasi
Simbol
Nilai kualitatif
1
2
3
4
5
91-100
75-90
60-74
40-59,9
< 40
A
B
C
D
E
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang
             
Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan  memasukkan data, yaitu data yang telah masuk dan terkumpul dari nilai-nilai variabel perhatian siswa pada PBM    dengan prestasi belajar  mata pelajaran  Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, yang masuk dan kemudian diolah dengan mengggunakan rumus Corelasi Product Moment dengan langkah analisis statistik dengan melakukan perhitungan pada masing-masing variabel kedalam tabel kerja  sebagai berikut:
TABEL. 7
Nilai-Nilai Variabel Pengaruh Antara Perhatian Siswa dalam Proses Belajar Mengajar  Dengan Prestasi Belajar  Mata Pelajaran Fiqih Siswa  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
X
Y
X2
Y2
XY
1
111
96
12321
9216
10656
2
75
69
5625
4761
5175
3
108
95
11664
9025
10260
4
105
90
11025
8100
9450
5
80
73
6400
5329
5840
6
81
73
6561
5329
5913
7
107
94
11449
8836
10058
8
89
88
7921
7744
7832
9
91
75
8281
5625
6825
10
93
76
8649
5776
7068
11
75
69
5625
4761
5175
12
93
77
8649
5929
7161
13
94
77
8836
5929
7238
14
96
78
9216
6084
7488
15
98
83
9604
6889
8134
16
101
87
10201
7569
8787
17
98
83
9604
6889
8134
18
79
73
6241
5329
5767
19
99
86
9801
7396
8514
20
101
86
10201
7396
8686
21
98
83
9604
6889
8134
22
101
87
10201
7569
8787
23
108
95
11664
9025
10260
24
102
87
10404
7569
8874
25
102
87
10404
7569
8874
26
79
90
6241
8100
7110
27
104
90
10816
8100
9360
28
105
73
11025
5329
7665
29
111
95
12321
9025
10545
30
105
90
11025
8100
9450
31
106
90
11236
8100
9540
32
77
73
5929
5329
5621
33
108
95
11664
9025
10260
34
98
85
9604
7225
8330
35
101
87
10201
7569
8787
36
108
95
11664
9025
10260
37
93
77
8649
5929
7161
38
107
92
11449
8464
9844
39
89
73
7921
5329
6497
40
103
75
10609
5625
7725
Jml
3879
3347
380505
282807
327245

X                        : 3879                          Y         : 3347
X2           : 380505                      Y2        : 282807
N                        : 40                              XY      : 327245
Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh  diteruskan dengan menggunakan rumus  Product Moment  yaitu:

        










C.  Pembahasan Hasil Penelitian
Setelah dilakukan perhitungan, langkah selanjutnya adalah pengujian ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Dalam analisis ini terdapat beberapa tahap, yaitu:
1.      Analisis Koefisien Pengaruh
Menurut Drs. Anas Sudjiono dalam buku Statistik Jilid II disebutkan sebagai berikut:
 Jika ro sama dengan atau lebih besar dari pada rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) disetujui atau diterima atau terbukti ada kebenarannya. Berarti memang antara Variabel X dan Variabel Y terdapat pengaruh positif atau pengaruh negatif yang signifikan. Sebaliknya hipotesis nihil  (Ho) tidak dapat disetujui atau tidak dapat diterima atau tidak terbukti kebenaranya. Ini berarti bahwa hipotesa nihil menyatakan tidak adanya pengaruh antara variabel X dan Y itu salah.[3]
Setelah memperoleh hasil ro dengan nilai 0,773 maka langkah selanjutnya adalah membandingkan untuk menguji hipotesis tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengkonsultasikan atau membandingkan antara nilai dan koefesien pengaruh (rxy) dengan nilai r dalam tabel (r tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Adapun untuk mengetahui apakah nilai rxy  tersebut signifikan atau tidak adalah dengan menunjukkan atau menguji taraf signifikan r tabel   5% maupun 1%, dengan operasional sebagai berikut
a)    Pengaruh Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, pada taraf signifikan 5% diperoleh:
                        r observasi               =  0,773
                        r tabel                         =  0,32           
maka  r o  >  rtabel   berarti signifikan.
            Dengan demikian  ro (observasi) lebih besar dari pada  rtabe (r dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan atau ada pengaruh positif.
b)   Pengaruh Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2010/201, pada taraf signifikan 1% diperoleh:
                    r observasi                0,773
                   r tabel                    =  0,42
                        maka  ro  >  rtabel   berarti signifikan.
Dengan demikian ro (observasi) lebih besar dari pada  rtabel (r dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan atau ada pengaruh positif.
            Dari kedua pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dan  1%, maka hasil yang diperoleh adalah rxy (hasil penelitian) lebih besar hasilnya dari pada r dalam tabel. Jadi hipotesis yang telah diajukan dalam bab II hasilnya adalah signifikan atau hipotesis diterima dan terbukti kebenaranya. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi perhatian siswa dalam Proses belajar mengajar, maka akan semakin meningkat prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Begitu pula sebaliknya, semakin menurun tinggi perhatian siswa dalam Proses belajar mengajar, maka semakin menurun prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012.
            Mengenai sifat suatu hubungan atau pengaruh dari kedua variabel tersebut diatas, dapat dilihat pada tabel penafsiran akan besarnya koefisien pengaruh yang umum digunakan adalah:
TABEL. 8
Interpretasi Koefisien Pengaruh Nilai r
No.
Jarak Interval
Tingkat Hubungan
1
0,00 – 0,199
Antara variabel X dan Y  terdapat pengaruh tapi sangat rendah sekali atau lemah (di anggap ada pengaruh)
2
0,20 – 0,399
Antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang  rendah atau lemah
3
0,40 – 0,599
Antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang  sedang atau cukup
4
0,60 – 0,799
Antara variabel X dan Y  terdapat pengaruh yang  kuat atau tinggi
5
0,80 – 1,00
Antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang sangat tinggi
[4])
            Dari kriteria tersebut, maka koefisien pengaruh sebesar 0,773 termasuk dalam kategori pengaruh sedang atau cukup. Artinya Perhatian siswa dalam PBM berpengaruh sedang atau cukup terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun  Pelajaran 2011/2012.
            Dan akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara variabel X  terhadap Y, atau dengan kata lain ada pengaruh yang positif antara Perhatian siswa dalam PBM dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih siswa di  Madrasah Ibtidaiyyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012, sehingga hipotesis alternatif di terima (Ha) dan hipotesis nihil (Ho)  di tolak.    



[1]  Dokumen Dari Hasil Angket  Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan  Jepara, Tgl. 8 Januari 2012
[2]  Dokumen Dari Leger Nilai   Siswa Madrasah Ibtidaiyah Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, tgl 10  Oktober 2012 
[3] Anas Sudjiono, Pengantar Statistik pendidikan, (Jakarta:PT. Grafindo Persada, 1995), hlm 182.
[4] Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2005), hlm. 138

Tidak ada komentar:

Posting Komentar