div align="left" style="text-align: center; width: 250px;">
images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com images.coolspacetricks.com Percakapan Obrolan Berakhir

Jumat, 28 September 2012

KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI ...........................JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI ...........................JEPARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PROPOSAL SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi persyaratan Membuat skripsi Oleh : NAMA : ............ NIM : ................. FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT .......................................... Korelasi antara perhatian orang tua Dan minat belajar dengan hasil belajar Akidah akhlak siswa kelas V MI ...........................Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 A. Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan suatu proses yang terpenting dan paling efektif dalam kehidupan manusia untuk mentransformasikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat dan juga norma-norma agama yang diyakini kebenarannya oleh guru pengajar terhadap siswanya, terutama proses belajar akidah akhlak yang terjadi terhadap siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012. Proses belajar mengajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia, karena dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasilbelajar. Hal-hal yang pokok dalam belajar ialah: 1. Bahwa belajar itu membawa perubahan (dalam arti behavioral change, actual dan potensial) 2. Bahwa perubahan itu pada pokoknya adalah didapat kecakapan baru. 3. Bahwa perubahan itu terjadi karena usaha ( denga sengaja). Berkaitan dengan belajar akidah-akhlak, maka belajar akidah akhlak termasuk Pendidikan Agama Islam yang merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami dan mengamalkan agama islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperlihatkan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan dengan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Tujuan pengajaran agama yaitu: membina manusia beragama, berarti manusia yang mampu melaksanakan ajaran-ajaran agama islam dengan baik dan sempurna, sehingga tercermin pada sikap dan tindakan dalam seluruh kehidupananya, dalam rangka mencapai kebahagiaan dan kejayaan hidup dunia dan akhirat. Sedangkan tujuan belajar akidah akhlak adalah untuk dapat mengetahui dan meyakini aqidah islam serta dapat membentuk dan mangamalkan tingkah laku yang baik yang sesuai dengan ajaran agama islam. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Ankabut ayat 43:    ••      (العنكبوت:٤٣) Dan perumpamaan ini kami buat untuk manusia tidak mungkin dapat memahami kecuali orang-orang yang berilmu. ( QS. Al-Ankabut: 43) Akidah-akhlak di madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang rukun iman yang dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma’ alhusna, serta penciptaan suasana Keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Secara subtansial mata pelajaran akidah-akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan al-akhlakul karimah dan adab islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, serta Qada dan qadar-Nya. Agar hasil belajar akidah-akhlak siswa kelas V Masalikil Huda 02 Tahunan Jepara tahun Pelajaran 2011/2012 dapat tercapai dengan baik, maka orang tua perlu menerapkan perhatian terhadap anak agar minat belajar dapat tumbuh dalam proses belajar-mengajarnya. Berikut adalah kewajiban orang tua dalam keluarga untuk mendidik anak, hal ini menunjukkan pentingnya perhatian orang tua terhadap anak terutama dalam pembelajaran yaitu: 1. Mendidik akhlak yang baik bagi anak-anaknya. 2. Member contoh yang baik bagi anak-anaknya dalam berpegang teguh kepada akhlak mulia 3. Menyediakan bagi anak-anaknya peluang –peluang dan suasana praktis diamana mereka dapat mempraktikkan akhlak yang diterimanya dari orang tua. 4. Member tanggungjawab yang sesuai kepada anak-anaknya supaya mereka merasa bebas memilih dalam beritndak. 5. Menunjukkan bahwa keluarga selalu mengawasi mereka dangan sadar dan bijaksana. 6. Menjaga meraka dari teman-teman yang menyeleweng, tempat kerusakan dan lain-lain. Selain perhatian orang tua harus dilakukan agar hasil belajar akidah-akhlak dapata tercapai dengan baik, menumbuhkan minat belajar terhadap anak juga harus dilakukan secara baik pula, karena setiap siswa perlu memiliki minat belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa yang telah memiliki minat belajar tersebut biasanya ditandai dengan respon/tanggapan dan antusias siswa terhadap obyek/sasaran tertentu, dalam hal ini adalah adanya respon/tanggapan dan antusias terhadap belajar akidah-akhlak. Dengan demikian, perhatian orang tua terhadap anak dan menumbuhkan minat belajar terhadap anak sangat perlu dilakukan agar dapat mendukung tercapainya hasil belajar akidah-akhlak siswa kelas V MI Masalakil Huda 02 Tahunan Jepara tahun Pelajaran 2011/2012 Oleh karena itu untuk dapat mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar akidah-akhlak siswa kelas V MI Masalakil Huda 02 Tahunan Jepara tahun Pelajaran 2011/2012, maka peneliti mengangkatnya dalam sebuah penelitian terhadap hal tersebut dengan judul skripsi:” Korelasi antara perhatian orang tua Dan minat belajar dengan hasil belajar Akidah akhlak siswa kelas V MI ...........................Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012” B. Penegasan Istilah Untuk menjelaskan tentang pengertian judul skripsi ini, maka peneliti memberikan penjelasan beberapa istilah dalam penulisan skripsi ini. Istilah-istilah yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1. Korelasi Menurut Gay seperti yang dikutif oleh Nur Khoiri, M.Ag dalam bukunya yang berjudul Model dan jenis dalam penelitian menyatakan Correlational research is a study that involves collecting data to determine what whether and to what degree a relationship exist between two or more quantifiable variable (gay, 1982:430) penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih . 2. Perhatian Orang Tua Perhatian adalah "banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai suatu aktivitas yang dilakukan." Orang tua adalah “ayah dan ibu kandung" Perhatian orang tua yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perhatian dalam hal belajar anak, meliputi pemberian bimbingan dan nasihat, pengawasan terhadap belajar, pemberian motivasi dan penghargaan, serta pemenuhan fasilitas belajar oleh ayah dan ibu kepada anaknya. 3. Minat Belajar Secara bahasa pengertian minat adalah perhatian, kesukaan ( kecendrungan hati) kepada sesuatu; keinginan. Adapaun secara istilah minat adalah keinginan yang timbul karena daya tarik dari luar dan dari dalam dirinya terhadap sesuatu, minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar juga untuk memperoleh/mencapai Sesutu atau tujuan yang diminati, minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat yang rendah akan menghasilkan prestasi yang rendah pula. Dengan demikian minat belajar merupakan kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kaegiatan, yaitu kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai dengan rasa senang terhadap mata pelajaran akidah-akhlak yang dipelajari. 4. Hasil Belajar Akidah-Akhlak Hasil yang dimaksud disini adalah prestasi, adapun prestasi itu sendiri merupakan hasil yang telah dicapai ( dilakukan, dikerjakan dan sebaginya). Pengertian prestasi dalam hal ini adalah hasil belajar. Sedangkan yang menjadi petunjuk suatu proses belajar mengajar dianggap berhasil apabila memenuhi hal-hal:a) daya serap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok, b) perilaku yang digariskan dalam kompetensi dasar ( KD ) telah dicapai oleh siswa, baik secara individual maupun kelompok. Belajar secara bahasa adalah berusaha ( berlatih dan sebagainya) supaya mendapat sesuatu kepandaian. sedangkan belajar menurut para ahli pendidikan adalah suatu proses daar dari perkembangan hidup manusia, dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkahlakunya berkembang. Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia lain adalah hasil dari belajar. Aqidah dan Akhlaq adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah dan merealisasikannya dalam prilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dalam bidang keagamaan, pendidikan ini juga diarahkan pada peneguhan Aqidah di satu sisi dan peningkatan toleransi serta saling menghormati dengan penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. 5. Siswa Kelas V Pengertian siswa adalah peserta didik, peserta didik dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahn 2003 bab I Pasal I ayat 4 adalah: ”Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur ,jemjang, dan jenis pendidikan tertentu.” Sehingga siswa kelas V adalah peserta didik kelas V yang merupakan anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia di kelas V MI ...........................Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Jadi yang dimaksud skripsi ini adalah menghubungkan variabel perhatian orang tua dan variabel minat belajar dengan variabel hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MI ...........................Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. C. Rumusan Masalah Berdasarkan penegasan istilah tersebut, maka dapat dirumuskan penelitian ini sebagai berikut: 1. Bagaimana perhatian orang tua terhadap siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012? 2. Bagaimana Minat belajar siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012? 3. Bagaimana hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012? 4. Adakah korelasi antara perhatian orang tua dan Minat belajar dengan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012? D. Tujuan Penelitian Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk menguraikan perhatian orang tua terhadap siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 2. Untuk memahami Minat belajar siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 3. Untuk mendiskripsikan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 4. Untuk mengetahui korelasi antara perhatian orang tua terhadap siswa dan Minat belajar siswa dengan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 E. Manfaat Penelitian Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1) Manfaat Teoritis a. Dapat menguraikan perhatian orang tua terhadap siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 b. Dapat memahami Minat belajar siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 c. Dapat mendiskripsikan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 d. Dapat mengetahui korelasi antara perhatian orang tua terhadap siswa dan Minat belajar siswa dengan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012 2) Manfaat Praktis a. Bahwa hasil penelitian ini dapat diharapkan mampu memberikan teoritis berupa penyajian informasi lebih ilmiah bagi pengembangan ilmu pembelajaran terutama yang berkaitan dengan kedisiplinan belajar dan suasana lingkungan madrasah. b. Bagi siswa kelas V ........................... tahun Pelajaran 2011/2012 dapat bersemangat dalam belajar setelah mendapat perhatian orang tua dan tumbuh minat belajar untuk mencapai hasil belajar akidah akhlak secara maksimal . c. Untuk menambah khazanah keilmuan dibidang Psikologi Islami dan Bimbingan Konseling (BK). d. Untuk menambah perbendaharaan perpustakaan INISNU Jepara. F. Kajian Pustaka Maksud utama dari kajian pustaka adalah menyediakan informasi tentang penelitian-penelitian atau karya-karya ilmiah lain yang berhubungan dengan penelitian yang akan diteliti agar tidak terjadi duplikasi atau pengulangan dengan penelitian yang telah ada. Di samping itu, agar dapat memberikan rasa percaya diri dalam melakukan penelitian. Sebab dengan kajian pustaka, semua kontruksi yang berhubungan dengan peneltian yang tersedia, kita dapat menguasai banyak informasi yang berhubungan dengan penelitian yang kita lakukan. Pada kajian pustaka ini peneliti mendiskripsikan beberapa karya yang ada relevansinya dengan judul skripsi ini. Munawir Yusuf, dalam bukunya yang berjudul: Pendidikan Bagi Anak Dengan Problem Belajar, ( solo: tiga serangkai pustaka mandiri, 2003), menjelaskan tentang perhatian orang tua terhadap anak dengan cara mengenal anak dengan problem belajarnya serta solusi cara mengatasinya. Dalam buku tersebut juga diterangkan tentang mengelola kegiatan belajar di rumah, membantu kesulitan anak dalam belajar, dan mengontrol kegiatan belajar di sekolah. Harlina pribadi, S.KM. dalam bukunya yang berjudul: pedoman bagi orang tua, guru dan penyuluh kasyarakat, ( jakarta: cakra media, 2010), menjelaskan tentang pentingnya pendidikan keluarga yang harus dilakukan oleh orang tua guna mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba dalam keluarga. Dalam buku ini dijelaskan pentingnya perhatian orang tua terhadap anak agar tetap konsentrasi dalam belajar di sekolah dan tidak mudah terpengaruh untuk melakukan perbuatan tercela. Syamsul yusuf, dalam bukunya yang berjudul : psikologi perkembangan dan remaja, ( bandung: PT. Remaja Rosda karya, 2000), menjelaskan tentang faktor keluarga menjadi faktor penting dalam rangka perhatian orang tua terhadap anak. Slameto, dalam bukunya yang berjudul: belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, ( jakarta: P.T Rineka Cipta, 1995), yang menjelaskan tentang faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar anak. G. Hipotesis Penelitian Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap suatu fenomena dan atau pertanyaan penelitian yang di rumuskan setelah mengkaji suatu teori. Oleh sebab itu, rumusan hipotesis harus dalam bentuk pernyataan ilmiah atau proposisi yaitu mengandung dua variabel atau lebih. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1. Hipotesis kerja (Ha) Bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar belajar akidah akhlak siswa MI Masalikil Huda tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 2. Hipotesis Nihil (Ho) Bahwa tidak ada Bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar belajar akidah akhlak siswa MI Masalikil Huda tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 H. Metode Penelitian 1. Jenis dan Pendekatan Penelitian. Jenis penelitian skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan ( field research), yaitu penelitian yang obyeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat, sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana penyajian hasil penelitiannya berbentuk angka-angka statistik. Adapun data yang di sajikan adalah tentang perhatian orang tua, minat belajar, dan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MI Masalikil Huda 02 Tahunan Jepara tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 1 Agustus 2011 sampai dengan 1 Maret 2012. Adapun peneliti memilih responden dan tempat penelitian adalah: a. Peneliti termotivasi untuk meneliti tentang perhatian orang tua, karena banyak siswa yang kurang mendapat perhatian dari orang tua, dan kurang nya minat belajar siswa kelas V b. Sekolah tersebut adalah tempat mengajar peneliti. c. Tempat penelitian letaknya dekat dengan peneliti, sehingga akan mempermudah dalam proses penelitian d. Peneliti sudah banyak memahami dan mengenal responden secara baik, sehingga akan membantu peneliti dalam penelitian. 3. Populasi dan Pengambilan Sampel. “Populasi adalah keseluruan subyek penelitian. Sedangkan yang dimaksud dengan sampel adalah sejumlah kecil individu-individu serupa yang ada dan mungkin pernah ada . Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Masalikil Huda Tahunan Jepara , yang berjumlah 202 siswa dengan mengunakan tehnik probability sampling ( pengambilan sampel secara acak) . Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa atau 15 % dari jumlah keseluruanya atau jumlah populasi. Peneliti cukup mengambil 15 % dari jumlah populasi karena berpedoman kepada Dr. Suharsimi Arikunto yang menyatakan bahwa :”...selanjutnya jika subyeknya besar atau lebih dari 100 orang, maka dapat diambil antara 10 %-15% atau 20 % -25% atau lebih besar” Adapun rincian populasi yang menjadi sampel adalah sebagai model berikut: TABEL. I Jumlah Populasi Yang Menjadi Sampel Penelitian No Kelas Laki-laki Perempuan Jumlah 15% 1 I 14 17 31 5 2 II 14 18 32 5 3 III 22 21 43 6 4 IV 23 20 43 6 5 V 15 12 27 4 6 VI 15 11 26 4 Jumlah 103 99 202 30 ) 4. Variabel dan Indikator Penelitian Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Perhatian orang tua Variabel ini merupakan variabel bebas, atau disebut juga variabel independent (X1) dengan indikatornya sebagaimana tabel 1 berikut: Tabel 1 Variabel dan Indikator Perhatian Orang Tua Variabel Indikator Sub Indikator Sumber Data Perhatian orang tua Mengelola kegiatan belajar di rumah 1. Menyuruh belajar 2. Memberi fasilitas belajar 3. Mengatur jadwal belajar 4. Mengontrol tugas rumah 5. Mengawasi aktivitas di rumah Siswa Membantu kesulitan anak 1. Menanyakan kesulitan belajar anak 2. Membantu memecahkan kesulitan belajar anak 3. Membimbing belajar anak 4. Memberi cara-cara belajar yang baik 5. Memyediakan waktu untuk diskusi Siswa Mengontrol kegiatan belajar di sekolah. 1. Memonitoring belajar anak di sekolah 2. Mengunjungi sekolah anda saat kegiatan belajar mengajar berlangsung 3. Menyuruh anak rajin masuk sekolah 4. Menemui guru dan menanyakan permasalahan belajar anak 5. Mengamati perkembangan prestasi anak di sekolah Siswa b. Minat Belajar Variabel ini merupakan variabel bebas, atau disebut juga variabel independent (X2) dengan indicator sebagaimana tabel 2 berikut: Tabel 2 Variabel dan Indicator Minat Belajar Variabel Indicator Sub indicator Sumber data Minat belajar Siswa memperhatian pelajaran secara sungguh-sungguh 1. Siswa merasa senang terhadap pelajaran akidah-akhlak 2. Siswa memperhatika guru saat pelajaran 3. Siswa bertanya jika belum memahami 4. Siswa konsentrasi saat pelajaran berlangsung 5. Siswa dapat menjawab soal yang diberikan guru Siswa Ketertarikan Siswa terhadap belajar akidah-akhlak 1. Siswa rajin mengikuti pelajaran 2. Siswa merasa senang mengikuti PBM 3. Siswa senang terhadap guru akidah-akhlak 4. Siswa mengerjakan ulangan yang diberikan 5. Siswa mengerjakan PR yang diberikan Siswa Pengalaman siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran 1. Siswa berperilaku terpuji 2. Siswa menghindari sifat tercela 3. Suka menolong teman yang kesulitan 4. Berbicara sopan terhadap guru dan teman 5. Berbakti kepada orang tua dan guru Siswa c. Hasil belajar akidah akhlak Variabel ini merupakan variabel terikat, atau disebut juga variabel dependent (Y) yang diperoleh dari hasil pengolahan dan analisis ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan ahir semester dan tugas dengan rumus berikut: 3. Teknik Pengumpulan Data Data-data yang ada dari penelitian ini dihimpun dari data lapangan dan data kepustakaan. Jenis penelitian ini adalah field research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara peneliti langsung terjun ketempat penelitian atau tempat fenomena terjadi. Adapun dalam field research ini peneliti menggunakan beberapa tehnik untuk mendukung kelancaran penelitian. Teknik-teknik tersebut adalah antara lain sebagai berikut: a. Angket Angket adalah ” teknik atau alat pengumpul data yang berupa sejumlah soal tertulis yang harus dijawab secara tertulis pula oleh responden” teknik ini digunakan untuk mengetahui perhatian orang rua dan minat belajar siswa kelas V ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan memberikan daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa. Untuk pilihan jawaban yang disediakan peneliti adalah : 1) Sangat setuju ; untuk pilihan a 2) Setuju; untuk pilihan b 3) Ragu-ragu; untuk pilihan c 4) Tidak setuju; untuk pilihan d 5) Sangat tidak setuju; untuk pilihan e Angket atau Quisioner dapat dibedakan atas beberapa jenis, tergantung pada sudut pandang. Di pandang dari cara menjawabnya, maka angket dibedakan menjadi dua, yaitu: 1. Angket atau quesioner terbuka, yang memberi kesempatan kepada responden untuk menjawab dengan kalimat sendiri. 2. Angket atau quesioner tertutup, yaitu sudah disediakan jawabanya sehingga responden tinggal memilih. Dalam hal ini peneliti menggunakan angket tertutup, dimana dalam angket tersebut telah peneliti sediakan jawabannya, sedangkan responden tinggal memilih jawabannya yang sesuai dengan pribadinya. Keuntungan angket adalah: 1. dapat dibagi secara serentak kepada banyak responden 2. dapat dijawab oleh responden menurut kecepatannya masing-masing responden 3. dapat dibuat anonim sehingga sehingga responden bebas, jujur, dan tidak malu-malu menjawabnya. 4. Dapat dibuat standar sehingga bagi semua responden dapat diberi pertannyaan yang benar-benar sama Kelemahan angket: 1. responden sering tidak teliti menjawab sehingga pertannyaan yang terlewati tidak terjawab 2. sering sukar dicari validitasnya 3. walaupun dibuat anonim, kadang-kadang responden dengan sengaja memberikan jawaban yang tidak betul atau tidak jujur. b. Dokumentasi. Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumen yang ada, dokumen dalam arti sempit foto, peta dsb. Teknik ini digunakan untuk memperoleh data yang bersifat dokumenter, yaitu berupa nilai hasil semester I Mapel Akidah akhlak siswa dan data tentang struktur organisasi sekolah, keadaan sarana prasarana, keadaan guru dan siswa ........................... Tahun Pelajaran 2011/2012. 4. Teknik Analisis Data. Setelah data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan mengunakan analisis statistik . adapun tahapnya adalah sebagai berikut a. Deskripsi Data Penelitian. Pada tahapan ini data yang terkumpul dikelompokan kemudian dimasukan kedalam tabel distribusi frekwensi secara sederhana untuk setiap variabel yang ada dalam penelitian. Sedangkan angket pada setiap item diberi skoring dengan standar sebagai berikut: 1) Untuk alternatif jawaban a dengan sekor nilai 5; 2) Untuk alternatif jawaban a dengan sekor nilai 4; 3) Untuk alternatif jawaban b dengan sekor nilai 3; 4) Untuk alternatif jawaban c dengan sekor nilai 2; dan 5) Untuk alternatif jawaban d dengan sekor nilai 1 b. Uji Hipotesis Dalam melakukan analisis uji hipotesis ini peneliti mengunakan rumus statistik multiple correlation atau korelasi ganda sebagai berikut: 1) Mencari korelasi product moment antara X1 dengan X2 2) Mencari korelasi product moment antara X1 dengan Y 3) Mencari korelasi product moment antara X2 dengan Y 4) Mencari korelasi product moment antara X1, X2 dengan Y ) 5) Menguji signifikansi hasil korelasi dengan cara mengeneralisasikan dengan rumus: ) Keterangan : x1 : Variabel Kedisiplinan x2 : Variabel Suasana Lingkungan y : Variabel Terikat ( Nilai Prestasi Mapel Al-quran Hadits) r x1x2 : Korelasi antara variabel x1 dan x2 r x1y : Korelasi antara variabel x1 dan y x2y : Korelasi antara variabel x2 dan y Rx1x2y : Koefisien Korelasi antara x1 dan x2 dan y Fh : Uji signifikansi nilai R dengan mengeneralisasikan K : Jumlah variabel independen ( dk pembilang=2) N : Jumlah responden ∑ : Sigma ( Jumlah ) I. Sistematika Penulisan Skripsi Didalam penulisan skripsi ini peneliti membagi ke dalam tiga bagian yaitu : 1. Bagian Awal Pada bagian ini akan dimuat beberapa halaman, diantaranya adalah halaman judul, halaman persembahan, halaman motto, halaman pengesahan, halaman nota pembimbing, kata pengantar, daftar isi dan daftar tabel dan abstrak. 2. Bagian Isi. Pada bagian ini memuat lima bab, yaitu: BAB I : PENDAHULUAN Didalam bab ini merupakan pendahuluan yang terdiri dari : latar belakang masalah dan penegasan judul, perumusan masalah, alasan memilih judul, tujuan penelitian, manfaat penelitian, Kajian pustaka dan sistematika penulisan. BAB II : LANDASAN TEORITIS DAN PENGAJUAN HIPOTESIS Dalam bab ini berisi Sub bab I membahas tentang perhatian orang tua yang meliputi: Pengertian perhatian orang tua, macam-macam perhatian, Langkah-langkah yang ditempuh untuk mengoptimalkan perhatian. Sub bab II berisi tentang minat belajar yang meliputi: Pengertian minat, fungsi minat belajar, cara menumbuhkan minat belajar. Dan pada sub bab III berisi tentang hasil belajar akidah akhlak yang meliputi: pengertian hasil belajar akidah akhlak, factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar akidah akhlak, dan korelasi antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar akidah akhlak. BAB III: METODE PENELITIAN Dalam bab ini menerangkan langkah-langkah dalam penelitian agar penelitian dapat dilakukan secara sistematis dan terarah, meliputi: Pada bab ini akan diuraikan mengenai pendekatan penelitian, populasi dan sampel penelitian, waktu dan tempat penelitian, Variabel dan indikator, tehnik pengumpulan data, dan Tehnik analisis data BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN . Deskripsi data, penyajian data, pembahasan hasil penelitian yang berisi: analisis pendahuluan, uji hipotesis, dan analisis lanjut. BAB V : PENUTUP Dalam bab ini berisi kesimpulan, penutup dan saran-saran. 3. Bagian akhir. Pada bagian ini memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Jepara, 11 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar